efek

Minggu, 03 Oktober 2010

Makna Sebuah Pelukan....

Pelukan... mungkin terdengar sebagai kata yang amat simple ditelinga kita dan kadang kala kita melakukannya tanpa memikirkan makna yang terkandung dalam sebuah pelukan... hanya ingin berpelukan !!!

Tapi... kalau kita pahami secara mendalam pelukan adalah obat ajaib !!! tidak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Pelukan menjadi sumber kekuatan kala menghadapi masalah. Pelukan diartikan sebagai dukungan. Bagi pasangan suami-istri, pelukan bahkan dapat diartikan sebagai ajakan berdamai bila sedang berselisih pendapat. Indahnya...

Fakta menarik mengenai pelukan juga dilontarkan Dr. Harold Voth, senior psikiater dari Kansas. Katanya, pelukan mampu mengusir depresi, men-tune up sistem kekebalan tubuh, menjadikan tidur lebih nyenyak, dan membuat manusia awet muda. Tak hanya itu, pelukan yang rutin dilakukan setiap hari terbukti mampu mempererat hubungan antaranggota keluarga dan mengurangi terjadinya perselisihan.

Helen Colton, penulis buku The Joy of Touching , menemukan adanya peningkatan hemoglobin ketika seseorang disentuh, sehingga suplai oksigen ke jantung dan otak lebih lancar. Suplai oksigen yang lancar dapat mempercepat proses penyembuhan jika seseorang sakit dan menjadikan tubuhnya lebih sehat. Jadi, tak salah bila pelukan dikatakan bisa menyembuhkan sakit "hati" dan merangsang hasrat hidup seseorang.

berikut beberapa jenis pelukan

1. Pelukan Penuh
Pelukan yang sangat erat ini membuat tak ada jarak antarkeduanya. Mereka saling berangkulan erat dan dekat, sehingga dapat merasakan kehangatan tubuh dan detak jantung masing-masing. Pelukan ini sangat cocok diterapkan untuk pasangan yang disayangi, anak, orangtua atau orang-orang yang secara emosional sangat dekat hubungannya. Pelukan ini memberikan rasa lega, aman dan terlindungi.

2. Pelukan Beruang
Bagaikan seekor beruang yang sedang memeluk anaknya, kedua lengan merangkul pasangan dengan erat. Kadang sampai mengangkat tubuh si pasangan sambil berputar-putar dengan gembira. Pelukan ini kerap dilakukan pada seseorang yang sudah lama tidak pernah bertemu, demi menumpahkan rasa rindu yang sudah lama terpendam. Terlihat sangat bersemangat dan hangat.

3. Pelukan dari belakang
Dilakukan jika suami atau istri ingin menggoda pasangannya, menarik perhatian, mengajak bercinta, atau membisikkan kata-kata mesra.

4. Pelukan Mengunci Bibir
Pelukan ini biasanya dilakukan terhadap pasangan yang dikasihi atau disayangi. Tujuannya untuk menunjukkan kedekatan sekaligus membuat pasangan terpana dan tidak bisa bicara. Bentuk pelukannya hampir sama dengan yang biasa dipraktikkan sewaktu melakukan slow dance, namun jaraknya lebih dekat dan lebih mesra lagi.

5. Pelukan Menenangkan
Pelukan ini diberikan kepada orang yang sedang berduka atau kepada anak-anak. Tujuannya untuk menenangkan dan menghibur. Keduanya saling berangkulan dan biasanya dibarengi dengan elusan sayang di kepala atau punggung.

6. Pelukan Bersama
Bertujuan untuk saling memberi semangat. Bisa dilakukan oleh dua orang saja atau melibatkan seluruh anggota keluarga untuk saling memberi dukungan atau menyatakan kekompakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar